Monday, March 22, 2010

Amprokan Blogger 2010 (Bag 1)

Kisah ini berawal dari info seorang sahabat di pojok sana yang memberi tahu bahwa akan diadakan sebuah perhelatan blogger di Bekasi bernama Amprokan Blogger. Saya bertanya-tanya, Amprokan itu bahasa mana ya? Artinya apa sih? Ternyata belakangan saya tahu, bahwa "Amprokan" itu artinya kurang lebih "Pertemuan". Awalnya sih, tidak begitu tertarik karena memang saya pikir ini hanya untuk kalangan terbatas. Apalagi dalam rangka memperingati hari Ulang Tahun Kota Bekasi. Namun, ternyata acara ini diperuntukkan bagi semua blogger se-Nusantara, dan gratis!!! Wah... cukup menggiurkan. Hebat euy, Komunitas Blogger Bekasi yang mengadakan acara ini! (applause) Lalu, karena penasaran saya akhirnya membuka official website Amprokan Blogger, dan... setelah melihat jadwal acaranya, wow! Great! Acaranya keren-keren... akan ada pembicara-pembicara luar biasa di sana, termasuk Mister Tifatul Sembiring dan Pak Nukman Luthfie. Selain itu, akan ada pemecahan rekor MURI dalam Live Blogging Competition, wuih... it's awesome!

Sejak itu, saya sering nyambangin rumah Amprokan Blogger untuk mengikuti perkembangan informasi; melihat jadwal acara (yang beberapa kali diubah), melirik nama-nama peserta yang telah mendaftar, serta hal-hal lain yang perlu saya ketahui. Semakin dekat dengan hari "H", perkembangannya tambah seru saja. Bukan hanya karena acaranya yang keren (walaupun pada akhirnya ga ada pemecahan rekor MURI, tetep keren ^_^), tapi juga karena para blogger yang akan hadir juga keren-keren euy! Bayangkan saja, blogger Jadebotabek ditambah blogger-blogger seNusantara berkumpul dalam sebuah acara, nyaris seperti Pesta Blogger. Ditambah lagi, saya akan bertemu sobat-sobat blogger dan plurker yang selama ini hanya bertemu di dunia maya(t). :D Tapi, ada yang membuat saya kaget, di saat-saat terakhir memonitor para peserta Amprokan Blogger, ternyata dari 300-an peserta hanya ada sekitar 40 peserta perempuan, selebihnya Bapak-bapak semua! (woot) Hmm... tapi wajar juga sih, karena kebanyakan blogger itu Bapak-bapak yak! (okok)

Setelah satu bulan berlalu, akhirnya saat yang ditunggu-tunggu pun tiba. Saya berencana berangkat bareng dua orang teman; Ethie dan Ganang. Rencananya naik bis dari terminal Lebak Bulus menuju terminal Bekasi (awalnya sih pengen naik motor boncengan berdua Ethie, tapi ga jadi :P). Menjelang keberangkatan ke Bekasi, ternyata saya masih direpotkan dengan kendala-kendala di sana sini. Mulai dari ngambeknya Ethie karena kesalahpahaman teknis (ini tidak perlu diceritakan, hehe), sampai pada kondisi tubuh saya yang kian dekat dengan hari "H", kian parah saja; suara saya mulai berubah, faringitis sudah menanti. *fyuuuuh* Sebenarnya, saya sudah berusaha sekuat tenaga agar harus sudah sembuh saat Amprokan nanti; tidak makan makanan berminyak, minum jus, bahkan akhirnya mengkonsumsi FG Troches yang seperti permen Polo itu (duh, terpaksa mengkonsumsi obat kimia) Tapi, malah tambah parah dan suara kian menghilang bak ditelan angin. Ga lucu khan, di saat-saat penting kopdar bersama para blogger, daku malah ga bisa bersuara.

Tapi, karena sudah berazzam untuk hadir, dan saya juga sudah mempersiapkan semuanya, akhirnya berangkatlah saya ke Bekasi hari itu... ;)

Hari Pertama (Sabtu, 6 Maret 2010)
Kami bertiga (saya, Ethie, dan Ganang) janjian di terminal Lebak Bulus. Alhamdulillah... setelah calling-calling dan sms-an, menunggu beberapa saat, akhirnya kami bertiga berkumpul juga. Tanpa menunggu lagi, kami langsung cabut. Mengingat jadwal acara yang begitu pagi (jam delapan pagi Anjangsana sudah dimulai bo'.... *kami mengesampingkan prasangka akan ngaretnya jam-jam orang Indonesia*), kami buru-buru mengejar bis. Sebagai seorang yang buta geografi, saya sepenuhnya mengandalkan Ethie yang sudah lama menghuni ibukota. Jadi saya manut saja.:D

Kira-kira pukul tujuh lewat, akhirnya kami dapat bis. Alhamdulillah... *legaaa*

Saat kebingungan mencari bis, saya sempat mengabadikan kehangatan mentari pagi :


***

Di perjalanan, saya sempat kontak-kontak sama iLLa. Sebelum keberangkatan, kami berdua memang sudah membahas ini itu, terkait persiapan Amprokan Blogger. Sampai pada setrikaan segala... (lmao) (tapi pada akhirnya, terbukti tak ada satu pun panitia yang dengan repot membawa setrikaan, hahaha *peace*) Dan ternyata, beliau masih menunggu kereta menuju Bekasi. Wah, hebat juga perjuangan ibu yang satu ini, bela-belain datang jauh-jauh dari Surabaya untuk memenuhi undangan para fansnya. :P

Akhirnya, nyaris pukul 08.30, tibalah kami di Asrama Haji. Sebelum memasuki gerbang Asrama Haji, kami sempat bertemu dengan panitia yang sedang sarapan (Dhodie dan Doni). 'Oh, ternyata panitia pun belum sempat sarapan...' batin saya pagi itu. Saat memasuki gerbang Asrama haji, terlihat dari kejauhan para blogger yang sudah lebih dulu tiba di sana. Mereka telah memakai kaos Amprokan Blogger dan sedang bergaya berfoto-foto ria. (Oh, what a narcissism :D) Setelah di-check-list oleh panitia, kami diberi tanda peserta, pin, dan kaos. Sebenarnya, saya malas memakai kaos itu, tapi untuk keseragaman, ya sudahlah...

Beberapa saat kemudian, ada kabar dari iLLa! Dia sudah di perjalanan menuju Asrama Haji, ternyata beliau ini ga jadi dijemput sama panitia, malah naik ojek, hihihi. Akhirnya, saya menunggu iLLa di depan. Tak lama kemudian, datanglah blogger unik ini... Lalu tanpa buang waktu, kami langsung melapor ke panitia, setelah itu berganti kostum Amprokan Blogger. Then, langsung naik ke bis, dan Anjangsana pun dimulai...

Lima bis beriringan, membawa kurang lebih 300 blogger. Sesuai dengan jadwal acara, tempat pertama yang kami tuju adalah Monumen Perjuangan Rakyat Bekasi. Di sini, selain dibacakan puisi Karawang Bekasi yang terpahat di monumen itu, sempat diceritakan juga tentang sejarah bagaimana hebatnya perjuangan para pahlawan terdahulu. Sepertinya sih begitu, karena jujur saja saya tidak begitu fokus mendengarkan karena kepanasan. :D

Sang Pemandu Anjangsana


Karawang Bekasi

Dari Monumen, kami menuju TPA Sumur Batu Kec. Bantar Gebang. Di sini, kami disuguhi dahsyatnya bukit-bukit sampah nan eksotis. Betapa tidak, selain baunya yang khas itu... ternyata mereka (bukit sampah itu) bisa menghasilkan energi listrik, luar biasa!!! Selain itu, disini juga ada UKM Boneka HIKPIB (Himpunan Industri Kecil Pengrajin Boneka). Bonekanya keren-keren euy! Habis dari sana dapet oleh-oleh Bantal Cinta. :D

Mantan Bukit Sampah


Tinggal Bersama Sampah


UKM Boneka

Dari UKM Boneka, kami digiring menuju ke suatu tempat. Sepertinya akan ada sambutan-sambutan dan prakata. Belum lama dapet snack (di UKM Boneka), eh disini dikasih snack lagi. Mantabs... :D Disini Bapak Wakil Walikota Bekasi, H. Rahmat Effendi, sedikit berorasi. Tapi ada satu jokes tentang sampah dari beliau yang menggelitik perut saya, kurang lebih seperti ini, "Kita yang sering ke sini sih udah terbiasa sama baunya. Tapi, saya heran kok hari ini baunya ga kecium ya? Mungkin karena telah dipenuhi lautan para blogger yang hadir disini..." (lol) Beliau melanjutkan, kira-kira redaksinya seperti ini, "Tenang aja, nanti juga mandi untuk menghilangkan baunya." Padahal... kelak sampai malam tiba, ternyata tak ada sedikit pun waktu untuk mandi. Jadi, bisa dibayangkan betapa baunya kami hari itu. (lmao)

Sang Wakil Wali Kota Bekasi, Bapak H. Rahmat Effendi

Setelah itu, kami langsung ke tempat proses pengolahan gas metan yang dihasilkan oleh sampah. Penjelasan tentang ini, akan saya jabarkan secara khusus di postingan selanjutnya.

Menjelaskan Proses Pengolahan Gas Metan


Bukit Sampah


Setelah berkeliling dan berpanas-panas ria, rasa lapar dan letih mendera. Ehm... Jadi, sebelum rasa itu juga ikut mendera saya, ada baiknya kisah ini bersambung saja. (worship)

to be continued...



23 comments:

iLLa said...

eh blogger unik? yg bener aja, pemalu ini :P
tentang setrikaan itu kan akhirnya saya nekat nanya jg sm mba ratu, pas jam 12 kita nyampe di asrama haji "mbak, ada setrikaan ga ya?"
dan mb ratu langsung jawab "lo pikir ini rumah?" huahahaha... langsung mingkem dengan sempurna, dan memilih untuk molorrrr

cici silent said...

@iLLa : huahahahah... oh begitu toh ceritanya, pantesan ga ngomongin setrika lagi abis itu. (lmao)

Aksa Syadri said...

huee, in iyang hari pertama yah? saya belum hadir, karena masih ada jadwal syuting (baca: kuliah) yang harus dihadiri.. (lonely)

btw, tertarik dengan kata-kata "selebihnya bapak-bapak semua" (ninja)

katakataku said...

(woot) selebihnya baopak-bapak (rofl) *xixixixiiii* jd tau juga ternyata sosok asli mba cici silent ini, sebelumnya hanya tau dari penampakannya saja (ninja)

cici silent said...

@Aksa : Kesian... yg syuting ga dapet bantal pink. (haha)

cici silent said...

@Katakataku : (haha) tunggu saja postingan berikutnya :D

soewoeng said...

sayang diriku ngak berangkat... soalnya diriku bukan bloger... bloger kok gaptek

koplak said...

tulisanya bagus oeyyyy

Andy MSE said...

yaaaaaaaaaaa.... bersambung.... sampai siang itu belum ketemu saya dong!

Pradna Cahbagus said...

(ngekek_on_the_floor)
ternyata itu, dibalik tragedi setrikaan yg banyak disebut2 di media massa...

Ratu dilawan! (lmao)

cici silent said...

@Soewong : ah masa'? (unsure)

@Koplak : Woh, bagus kacaunya yak? (haha) BTW, salam kenal. Makasih dah mampir.

@Andy MSE : Hehe, tenang Pak... spesial untuk Pak Andy sudah ada kaplingannya sendiri kok! ;) hihihi

@Pradna : ho'oh... (lmao) BTW, itu media massa mana? (unsure)

Pradna Cahbagus said...

lha blognya Illa bukannya media massa?

blog ini juga

blog itu juga

blog yg lain juga ;)

fajarembun said...

yaah...yang menerima donat KDB ndak ada...(lonely) masih bersambung deh....

cipu said...

Saya yang di Jakarta malah gak ke Amprokan Blogger hiks

Okkots said...

Wuihhh layoutnya baru... kereeeen

Iman Sulaiman said...

Wah blognya tulisannya imut pisan, kudu sedikit melotot bacanya (bigeyes)

Sayangnya semua yang diceritakan di sini saya belum ikuti, saya telat banget datang pas Adzan Maghrib.

Ditunggu kelanjutannya ya... :)

Omong-omong seterikaannya gimana? (ninja)

cici silent said...

@Fajar : (haha) tenang saja... nnt saya promosikan di postingan selanjutnya. Tapi... :( wkt itu daku ga foto donatnya... (lonely)

@Cipu : Iya tuh.... :( padahal pengen ketemu juga sm penguasa Okkots.

@Okkots : hehe, sebenarnya nyari yg ijo, tp ga ketemu (cry)

@Iman : Wah, maaf tulisannya imut... Apa mgkn hrs gnti kacamatanya? :D (ninja) Wuih, knapa pulak nelat? Jgn2 ke Amprokan gowes2 yah? (haha) Soal setrikaan tanya iLLa :D

Sekolah Rakyat said...

benar-benar acara yang mengasyikkan... hhhmmm...

Cah Gembagus said...

penasaran sama kaplingannya (thinking)

dhodie said...

koq gak ada cerita bahwa nama saya sudah diusung akan melejit di acara sarasehan? (devil)

cici silent said...

@Sekolah Rakyat : iya donks! ;) Ayo ikut Amprokan Blogger 2011 ;)

@Andy : oke deh, selamat berpenasaran... (evilsmirk)

@Dhodie : (haha) nah, ntu dia... Gagal tenar yak! (lmao)

endar said...

saya juga baru tahu arti amprokan setelah nanya2 di asrama haji.
kita ternyata satu bis di bis 2 ya mbak.

eko sutrisno said...

Jadi keinget mas Dhodie