Tuesday, July 17, 2007

Nambah Lagi… ?

Sejak penglihatan saya mulai agak kabur, saya mulai curiga jangan-jangan lensa mata saya bertambah cembung. Itu artinya, saya harus menambah lagi kekuatan lensa cekung pada kacamata saya, alias min-nya nambah… Setahun yang lalu saya sempat memeriksakan mata saya pada dokter mata. Dia bilang mata kanan min-nya bertambah setengah. Ah, saya pikir belum lah terlalu perlu untuk mengganti lensa karena saya menggunakan kekuatan lensa mata kiri. Kedua mata saya min-nya memang berbeda. Yang kanan lensanya lebih mencembung, jadi min-nya lebih besar dari yang kiri. Jika saya melihat dengan dua mata, maka yang dominan adalah lensa mata kiri, karena min-nya lebih kecil. Ya, begitulah… mata kiri dan kanan tidak seimbang. Saya tidak tahu mengapa bisa berat sebelah seperti itu, padahal saya tidak pernah menggunakan sebelah mata untuk melihat, he he :D

Beberapa hari yang lalu, tepatnya hari Kamis, saya memeriksakan kembali mata saya. Pemeriksaan itu disebut Visus. Pemeriksaannya berlangsung agak lama, tidak seperti biasanya. Ya, mungkin karena selain menderita miopi mata saya juga terkena astigmatisme alias silindris. Selesai pemeriksaan, saya terkejut sekali… pertambahan min-nya sangat besar… L Yang sebelah kanan bertambah satu setengah, dan yang kiri bertambah satu. Jadi, yang kanan min empat setengah dan yang kiri min tiga. Masya Allah… ! Saya langsung bergidik ketika membayangkan lensa mata saya akan bertambah tebal…

Saya mulai flash back, menganalisa kira-kira apa penyebabnya. Yup, saya tahu! Mata saya jarang beristirahat. Melotot di depan layar komputer, membaca, menulis, de el el. Melihat objek jarak dekat dalam waktu lama. Mungkin hal itulah yang menyebabkan lensa mata saya mencembung dengan cepat. Sekarang saya harus mulai menjaga jarak pandang saya ketika membaca buku. Harus sering berkedip ketika menatap layar komputer. Dan tentunya mengkonsumsi zat-zat gizi yang bagus untuk mata. Tidak ketinggalan, saya harus latihan senam mata, he he.
Saya tetap harus bersyukur, diberi nikmat penglihatan oleh Allah. Yang tidak semua orang memilikinya. Miopi adalah hukum alam. Dalam ilmu fisika, miopi pasti terjadi. Karena mata manusia memang didesain untuk melihat jarak dekat dalam waktu singkat dan melihat jarak jauh dalam waktu lama. Sedangkan dalam kehidupan ini, manusia sering melakukan pekerjaan-pekerjaan yang menuntut mata untuk melihat objek jarak dekat dalam jangka waktu yang lama. Ya… setidaknya hal positif yang bisa saya ambil adalah… "orang yang berkaca mata itu terlihat smart", :D ha ha ha (gaya beneer).

No comments: