Wednesday, January 12, 2011

"Dah sampe mana hafalannya?"

Beberapa hari yang lalu, saat bersilaturrahim dengan teman-teman seperjuangan di sebuah acara, saya iseng bertanya dengan anak dari salah satu Mbak yang ikut dalam acara itu.

"Adek sekarang hafalannya dah sampe mana?", saya bertanya dengan santai sambil menikmati acara tersebut. 

Lalu, ia juga menjawab dengan santai sambil cuek menatap ke depan, "Al Qolam". 

*glekkk* Saya benar-benar tertohok, tertampar keras sekaligus malu. Betapa saya sungguh malu, mengingat hafalan saya yang masih cekak. Saya teringat bagaimana susah payahnya menghafalkan sepertiga jumlah surat dari Al Qur'an. Sedangkan anak ini, sudah jauh ke depan, Juz 29! Padahal ia baru kelas 3 SD!

Malu. Asli. Malu sekali. Betapa saya sering melonggarkan diri untuk tidak menghafal ayat-ayat suci. Betapa saya sering berharap pada ucapan `nanti'. "Nanti saja lah, kan masih ada waktu".

Dan saya semakin tertampar keras, saat melihat rekaman video para Hafizh dari Tajkistan. Adalah Muhammad Ayub, usianya baru 7 tahun. Ia adalah salah satu penghafal Al-Qur'an terkecil di dunia dari Badan Tahfizh Al-Qur'an Internasional. Mendengarkan ia sedang tasmi' dengan kualitas bacaan yang luar biasa, saya merinding. Ada beberapa anak lagi yang sempat saya dengarkan hafalannya, Mihrabuddin (7 tahun), Shalaahuddin (7 tahun), dan Najmuddin (6 tahun). Kesemua anak-anak itu adalah Hafizh, hafal seluruh Al-Qur'an. Subhanallah...



Ingin sekali saya membagi videonya disini, hanya saja belum sempat saya edit. Pokoknya mendengarkan anak-anak itu bersenandung Al-Qur'an, saya merinding, sekaligus iri.

Maka pertanyaan yang harus segera diajukan pada diri kita adalah, "Dah sampe mana hafalannya?"

(ninja) *dissapear*


Sumber gambar dari sini

7 comments:

ARS said...

cici dah sampe mana hafalannya? (gah)

RBBC said...

mau koman aja.. aku mesti belajar dulu kemana cara komennya.. (doh)

iLLa said...

pernah ada yg bilang sm sy, cara menjaga hapalan itu ya dengan silih berganti dibacakan setelah Al-Fatihah pada saat shalat. Itung2 muraja'ah.
dan kita akan seolah2 mempersembahkan sesuatu yg beda kepada Allah di setiap shalat kita, tidak melulu surah2 pendek saja.

cmiiw

Riu is me said...

Nasib kita sama, mbak. Napa males bgt ya ngapalin suratnya? kyk kehilangan semangat githu...

Anazkia said...

Hiks :(

Andy MSE said...

Elsi dah sampe mana hafalannya? :-D

cici silent said...

@ARS : (ninja)

@RBBC : Walah... :D

@iLLa : Wew! Mantabs...

@Riu : Nyok, semangat lagi! (rock) BTW, project photobook kita kemana yak?

@Anaz : Hayuk semangat Bu! ^_^

@Andy MSE : (doh) (ninja)