Saturday, September 19, 2009

Hijrah ; Windows -> Ubuntu 9.04 -> Sabily 9.04


Setelah bertarung keras, akhirnya **jendela** kalah juga :D

Kisah ini berawal dari tawaran seorang teman untuk mencoba Ubuntu 9.04, saya pikir 'Ini apa sih? Ubuntu, nama yang aneh' Kalo "buntu" sih dalam bahasa daerah sini itu artinya bokek, hihihi. Hmm... ternyata Ubuntu ini salah satu distro Linux. Pertama sih heran, kok ada ya... yang gratisan kayak gini? Tapi asli! Masih sangat awam dengan yang namanya Linux dan hal-hal yang berhubungan dengannya. Berhubung saya suka mencoba hal-hal baru, so I decided to try.


Kesan pertama liat tampilannya; tulisannya rada besar-besar, menu-menu dan aplikasinya asing banget! (wajar lah), tapi unik juga! ;) Setelah melihat, menimbang dan memperhatikan kebutuhan bisnis saya yang sudah sangat terbantu oleh Windows, beside saya tidak mau mengambil risiko berpusing-pusing ria, akhirnya waktu itu saya memutuskan untuk tidak menginstallnya.

Waktu berlalu, saya masih nyaman-nyaman saja dengan Windows XP Black. Tapi, gangguan dan masalah mulai muncul satu persatu. Dimulai dari virus-virus yang mulai merasuk (walaupun sudah pakai KIS 2010), sistem yang terganggu, sampai pada puncaknya... semua file foto dan video sejak bulan Maret 2008 semuanya lenyap! Hanya bersisa bulan Juli dan Agustus 2009 saja, hiks! :( Entah karena virus atau gangguan sistem atau penyebab lain, yang pasti... saya mulai gerah dengan Windows.

Berkat permasalahan di Windows dan sedikit provokasi dari sang promotor, akhirnya saya install Ubuntu 9.04 inside Windows. Berkat bantuan promotor dan beberapa referensi, alhamdulillah saya bisa mulai menjalankan aplikasi-aplikasinya, walau masih sangat standar. Mau tidak mau, saya harus mempelajari Ubuntu ini, walau masih rada kagok alhamdulillah lama-lama saya merasa nyaman juga. Banyak hal-hal tak terduga yang saya temui, contoh kecilnya, ternyata koneksi internet di Ubuntu lebih cepat dibanding di Windows. Waktu itu saya masih nyaman-nyaman saja, masih bolak-balik, kadang ke Ubuntu... kadang balik lagi ke *jendela*. Ada sih niat untuk hijrah beneran ke Ubuntu, tapi saya masih terikat dan merasa banyak terbantu dengan aplikasi-aplikasi di Windows.


Hari berganti, waktu berlalu... saya semakin jarang menengok *jendela*. Banyak hal-hal menarik dan unik yang saya jumpai di Ubuntu, walau kadang pusing karena gagal mengutak-atik software-nya, tetap saja saya terlanjur suka padanya.

Sampai pada suatu saat, tepatnya dua hari yang lalu, saya memutuskan untuk hijrah... Yah, sebuah keputusan yang cukup sulit, tapi melegakan hati.

Alhamdulillah, setelah proses pembelajaran yang lumayan membuat otak segar, akhirnya semua berjalan sesuai dengan harapan; tidak ada data yang hilang, semua aplikasi berjalan baik. That's all what I want. Ini juga berkat referensi dari sini dan berkat bantuan sang promotor, thanks a lot!

Then, tiba pula lah saatnya saya mencoba Sabily 9.04, tepatnya kemarin. Sengaja saya titip majalah Infolinux (yang bonusnya Sabily 9.04) sama teman yang akan pulang mudik dari Palembang. Dan... jreng! Subhanallah... indahnya Sabily... Green! So nice... Islamic software-nya juga...!!! Whuaaaa!!! Saya histeria... Alhamdulillah, sangat nyaman *berada* di dalamnya, segala puji bagiMu Ya Rabb...


I've been a linuxer now :D Who's next? :p

8 comments:

Au' said...

Selamet2, akhirnya bnr2 beralih ke pinguin. Smg sukses selalu :)

cici_silent said...

@Au' : hehe, mokaseh bro... dikau kpn nyusul? :p

YoHang said...

Seperti iman yang kadang naik dan turun. Kadang semangat kadang futur. Ane tetep menghitung berapa lama mbak Ci bisa istiqomah di "jalan" itu lho. Hehehehe. SEMANGKA mbak!! :D
Btw rumah ane http://yohang.web.id sudah bisa diakses lagi lho mbak.

cici_silent said...

@yohang : hahahaha, itung aja.... gak takut kok! :p *Hoppp!* dah tak tangkep tuh SEMANGKAnya. Yaya... ntar ditengok kesana.., awas kalo msh bilang 'Ga seru' :D

galih said...

welkom...welkom!
tapi saya masih pake dual os!
soalnya nggak bisa jauh2 dari maen game dota!
jadi windows cuma dipake buat maen game doank!
wkekekekekeek

Pradna said...

@galih : kabar terbaru, wine bisa juga buat maen dota...(tp saya ndak pake wine sih, kuatir mabok :D )

@Cici : selamat dan sukses (applause). Cuman, saya blm dapat dvd Sabily-nya, jd blm nyoba sendiri (baru nyoba punya leptop org laen :D)

Ndak masalah sama webstrict-nya, kan?

Coba buka akuratu.blogspot.com, bisa ndak? Kl dulu ndak bisa, gara2 ada kata2 "naked" di header blognya...(haha)

Mohon maaf lahir dan batin lah, pokoke :)

Cah Gembagus said...

dulu saya juga begitu, was-was bilamana ada aplikasi yang saya butuhkan ternyata tidak ada di linux, tapi sudah dua tahun ini full pakai linux ternyata saya masih hidup dan pekerjaan saya yang berkaitan dengan perkomputeran masih lancar2 saja...

gadgetboi said...

welocome to da club sis :D