Friday, August 24, 2007

Sakit ??? Back to Nature !

Ketika kita menderita sakit, maka hal apa yang pertama kali terlintas di pikiran kita ? Jawabannya adalah OBAT. Sakit gigi, sakit kepala, sakit perut, sepertinya sangat akrab dengan kehidupan kita sehari-hari. Tahukah Anda, bahwa obat-obatan yang Anda konsumsi hanya menghilangkan gejala-gejala itu dan jika Anda sering mengkonsumsi obat-obatan tersebut, maka sisa bahan kimia yang terkandung dalam obat akan mengendap di ginjal Anda. Obat-obatan ringan yang sering kita beli di warung ternyata punya efek yang cukup signifikan terhadap tubuh kita. Padahal, jika kita mau menilik penyakit-penyakit ringan yang kita alami, seringkali penyebabnya adalah diri kita sendiri.

Misalnya sakit gigi, sebenarnya itu terjadi karena kita memelihara kebiasaan buruk yang merusak gigi kita sendiri, apa kebiasaan buruk itu ? Jawabannya, malas sikat gigi. Padahal mulut kita sudah terasa gerah, dan rasanya ketika mengucapkan sesuatu ada bau yang tidak enak keluar dari mulut kita. Contoh lainnya, sakit kepala dan sakit perut. Menurut hasil penelitian, sakit kepala seringkali disebabkan oleh psikis dan emosi (kecuali sakit kepala yang disebabkan oleh cidera kepala). Ketika kita depresi dan emosi memuncak dalam menghadapi suatu masalah, maka hal itu akan sangat berpengaruh pada fisik kita. Tidak hanya akan menyebabkan sakit kepala, jika sudah sampai pada titik tertentu maka stress bisa menyebabkan gangguan metabolisme tubuh, gangguan sistem peredaran darah, gangguan tidur, diare, sakit perut, bahkan tekanan darah tinggi.

Dalam hal lain, gangguan pencernaan misalnya, seringkali disebabkan oleh pola makan kita yang salah. Seiring kemajuan teknologi, makanan semakin beragam baik dalam hal rasa, penampilan, maupun penyajiannya. Proses pengolahan makanan pun makin beragam, dari proses pewarnaan, pengawetan, penambahan bahan-bahan lain. Hasilnya, makanan pun lebih menggugah selera, nyaman untuk dikonsumsi dan cepat saji, praktis pula. Fast food umumnya mengandung gula dan lemak tinggi, tapi seratnya rendah. Dan jika kebiasaan mengkonsumsi fast food tidak diimbangi dengan sayuran dan buah segar sebagai sumber serat dan antioksidan alami, maka akan muncul berbagai macam penyakit pencernaan. Mulai dari penyakit maag, diare, obesitas, konstipasi, bahkan sampai kanker usus. Apalagi kalau pola makan tersebut ditambah dengan kebiasaan merokok, minum minuman beralkohol, dan kurang olahraga. Lengkap sudah sarana penyakit untuk bercokol dan membuat sarang di tubuh ini.

Alangkah baiknya jika kita mengkaji kembali, apa sih yang sudah saya konsumsi ? Apa saya memang sering stress belakangan ini sehingga saya sulit tidur dan sering sakit kepala ? Apa saya memang jarang sikat gigi sehingga gigi saya penuh dengan karang gigi ? Kita sendiri lah yang bisa menjawabnya. Jargon yang sedang tenar disebarkan saat ini adalah ”Back to Nature”. So, kita bisa mengkonsumsi buah dan sayuran segar untuk menetralisir racun dalam tubuh kita yang berasal dari makanan-makanan fast food. Selain itu buah dan sayuran juga bisa mencegah berbagai penyakit dan bisa menyegarkan tubuh sehingga aktivitas penting kita tidak terganggu oleh berbagai keluhan penyakit. So, let’s back to nature...! ;)

NB : Insya Allah dalam waktu dekat akan saya tuliskan resep jus buah dan sayuran untuk berbagai penyakit. Semoga bermanfaat.

No comments: