Friday, August 10, 2007

Masa Lalu T'lah Berlalu

Semua yang lalu telah berlalu. Aku telah meninggalkan masa lalu, tentu saja. Tapi, entah mengapa, ada kenangan masa lalu yang tak terlupakan. Kenangan pahit, pun kenangan manisnya.

Mengingat masa lalu, seperti kembali pada semangat yang dulu pernah begitu membara, semangat yang memuncak, hingga diriku sepertinya berada di kesadaran yang sangat…. Mengingat masa lalu, adalah juga mengingat kesedihan, kepiluan, kekecewaan, harapan-harapan lama, kesepian, perjuangan. Namun, ternyata, hal yang sulit itu….. berlalu juga. Ternyata, hal yang menyesakkan dada itu, berlalu juga.
Masa lalu, tidak boleh kita tinggalkan begitu saja, meski kita memang perlu beranjak darinya, tak perlu berlama-lama. Masa lalu, adalah tempat kita bercermin, tempat kita belajar, tempat kita menguak misteri diri kita sendiri, tempat kita mengenang… suka dan dukanya, meresapi kembali… berbagai perasaan yang muncul kala itu, dan lain sebagainya.

Ya… bagaimana pun masa lalu tak kan pernah kembali. Masa lalu adalah hal yang paling jauh dari diri kita. Walau masa lalu itu bernama "satu detik yang lalu", tetap saja kita tak bisa mengembalikan masa itu, tetap saja masa itu sudah berlalu. Semoga, ketika diri ini mengenang masa lalu, hanya pelajaran dan hikmahlah yang bisa diambil darinya. Bukan kesedihan, kekecewaan, dan keputusasaan yang mematikan masa depan. Amin.

1 comment:

Estiko said...

Masa lalu memanhglah tidak dapat kita ulang. Hanya bisa kita ingat. Namun, pelajaran dari masa lalu adalah jalan untuk masa depan